Thursday, February 18, 2021

Drama Wisuda Virtual

Wisuda adalah penanda mahasiswa telah selesai menempuh masa belajar pada salah satu universitas. Prosesi wisuda diawali masuknya senat universitas yang terdiri dari rektor dan para pembantu rektor dengan dekan-dekannya guna mewisuda para calon wisudawan. Penyelenggaraan wisuda, tiap perguruan tinggi memiliki agenda yang tidak sama. Ada yang dilakukan setiap tahun sekali, ada yang empat kali dalam setahun.

Saat ini tahun 2021 wisuda dilakukan secara Online atau Daring.  Wisuda online atau Daring dilakukan sejak pandemic Covid-19 merambak ke Indonesia bulan Maret tahun 2020.  

Welcome the jungle 

Salah satu universitas di Indonesia, yang memiliki nama yaitu IPB University. IPB University tepat pada tanggal 18 Februari 2021 melakukan wisuda daring Tahap VI dan VII T.A 2019/2020. Sebanyak 890 peserta wisuda daring yang diundang wisuda daring melalui zoom, hanya sekitar 700 peserta yang bisa mengikuti prosesi wisuda daring. Mungkin bagi yg tidak bisa mengikuti prosesi wisuda daring memiliki berbagai macam alasan salah satunya Jaringan yg tidak bersahabat atau ada kepentingan yg urgent yang tidak bisa terhelakkan. Calon wisuda tahap VI dan VII ini sebelumnya masih diberi pilihan wisuda Offline. Namun, pandemic Covid-19 belum menunjukkan kondisi membaik maka calon wisuda Offline diinformasikan bahwa mereka akan wisuda daring pada tanggal yg telah ditetapkan yaitu hari ini.

Kebiasaan atau Habit

Pagi-pagi calon wisudawati sibuk menyiapkan diri untuk  berhias tampil berbeda dari hari-hari biasanya. Saya yang tidak niat berhias  namun saya berhias juga karena keinginan kakak yg mau saya tampil berbeda. Kakak ku bilang berhiaslah wisuda virtual besok. Biar ada perbedaan nya dengan penampilan sehari hari. Walhasil, saya berhias juga selama kurang dari tiga jam sebelum acara dimulai. Setelah tiga jam didandani saya melihat penampilan di cermin. Wow, saya berbeda banget.. Saya biarkan diri ini bersenang-senang dulu. Hari ini Wisuda ! satu hari ini saja.. :D

Kemuadian saya mulai mempersiapkan segala kebutuhan untuk prosesi wisuda virtual. Sementara itu Ibu saya lagi dihias juga untuk menjadi pendamping wisuda. Setelah semua nya siap, saya mulai join meeting dengan panduan tata cara yang telah diberikan pihak kampus melalui pesan WhatsApp. 

Acara Wisuda Virtual atau Daring

Prosesi acara dimulai tepat pukul 09.00 WIB (Waktu Indonesia Barat). Acara diikuti oleh para wisuda dengan khidmat walaupun pasti ada kejadian sewaktu acara sedang berlangsung, termasuk saya. Sedikit cerita waktu acara dimulai keponakan sering membuat perihal yg membuat nenek nya (ibu saya) menjadi gelisah tidak tenang melihat tingkahnya. Tingkah ponakan yang tak kunjung diam. Saya kasih izinkan ibu untuk memeluk ponakan saya untuk ikut mengikuti proses wisuda daring. Karena saya sempat melihat ada juga yg memeluk ada kecil saat wisuda berlangsung. Tak butuh waktu kurang dari 5 menit, ponakan itu kembali memainkan mainannya. Suasana inilah yang saya alami saat wisuda daring.

Tali Toga dan Map Ijazah

Perbedaan dengan wisuda sebelum ada Corona (Covid-19), dalam wisuda online pemindahan tali toga dan penyerahan simbolis map ijazah sebagai tanda kelulusan tidak dilakukan oleh petinggi kampus. Pemindahan tali toga hanya dilakukan perwakilan wisudawan/ti yang mengikuti profesi wisuda secara offline di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) IPB, Dramaga. 

Pada wisuda daring hari ini., Alhamdulillah saya masih diberikan rezeki untuk memakai toga kedua melalui support keluarga tercinta. Akhirnya, saya bisa wisuda layaknya wisuda Offline walaupun dirumah aja. Disisi lain teman yang seperjuangan memilih tidak memakai toga disebabkan tidak kepikiran untuk membeli nya melalui toko online. Dia sekarang sudah duluan menjadi dosen di Universitas Muhammadiyah Gresik. Yah.., saya pikir wajar dia sampai tidak kepikiran karena beberapa bulan sebelum wisuda, dia sedang sibuk menyusun rencana penelitian kerja sama dengan universitas luar negeri. Kalian bisa intip cerita dia tentang Wisuda tanpa Toga di link dibawah ini:

Wisuda tanpa Toga

Moment Foto

Moment berfoto inilah yang sangat ditunggu oleh wisudawan-wisudawati. waktu berfoto peserta wisuda bisa melepaskan ekspresi dengan tersenyum setelah melewati kisah suka dan suka selama duduk di bangku perkuliahan. Mereka yang harus beradaptasi dengan suasana baru, teman baru, cara memahami karakter mengajar dosen serta memetik buah kesabaran yang dihadapi selama penelitian berakhir dengan lewatnya ujian Sidang yg semua mahasiswa pasti deg-degan untuk mempertanggung jawabkan hasil riset yang telah di tulis dalam satu karya ilmiah.

Moment berfoto wisuda virtual memang terasa tidak enak, kita hanya berfokus satu layar kecil dalam hitungan detik tanpa disadari kita sudah di foto sama host Meeting. Moment berfoto ini selalu kita tahu bahwa acara wisuda sudah selesai.

Dokumentasi Wisuda

 Saya dan teman-temana pasti memiliki cara yg berbeda untuk mengabadikan moment bahagia wisuda masing masing-masing. Kita akan tetap dokumentasikan walau masih ada yang kurang yaitu tanpa kehadiran teman-teman seperjuangan. 

Selamat / gratulation 

Saya ucapkan selamat bagi para seluruh wisudawan dan wisudawati di seluruh pelosok Bumi. Kita sangat beruntung bisa sampai pada titik ini. Mari kita bersama-sama berlomba untuk kontribusikan diri menjadi kalifah di Bumi ini dan  menjadi pembeda antara yang benar atau salah.

#WisudaVirtual #Covid-19 #DirumahAja #Family #Happy #Hopeful 



0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home