Udang adalah sumber daya Alam perairan yang banyak punya kandungan protein Tinggi sebagai asupan.  Jenis udang yang banyak dijumpai di pasar...

Edu: Siklus Hidup Dan Morfologi Udang

Udang adalah sumber daya Alam perairan yang banyak punya kandungan protein Tinggi sebagai asupan. Jenis udang yang banyak dijumpai di pasar Indonesia yaitu:  Udang Barong/Karang/Lobster, Udang Dogol, Udang Galah, Udang Grago/Rebon, Udang vanamei/Kaki Putih, dan Udang Windu.

Dokumentasi

Habitat udang hidup di perairan khususnya, Laut, Sungai dan  danau (Tawar). Dimana Udang kebanyakan menjadi dewasa dan bertelur di habitat air laut.  Siklus hidup udang dimulai ketika Telur udang menetas, dimana  sekitar 16 jam setelah proses pembuahan (fertilisasi) telur udang yang menetas akan menghasilkan Nauplii. 
Nauplii setelah 40-48 jam bermetamorfosis menjadi ZoeaZoea akan bermetamorfosis setelah 4-5 hari menjadi Mysis, Mysis akan bermetamorfosis menjadi Postlarva setelah 3-4 hari. Masa pemeliharaan Postlarva (PL) sekitar 10-15 hari. Dimana, PL 10 akan tumbuh menjadi Yuwana / JuvenileKemudian Yunawa dipelihara sekitar 80-90 hari sehingga menjadi Udang MudaKemudian udang muda dipelihara lagi selama 25-30 hari sehingga menjadi Udang Dewasa.

1. Udang Barong/Karang/Lobster
www.dictio.id

2. Udang Dogol
www.pertanianku.com

3. Udang Galah
www.shutterstock.com

4. Udang Grago/Rebon/Ebi

www.tanaman-hijau.com
5. Udang Kaki Putih/Vanamei
Dokumentasi

6. Udang Windu
www. minapoli.com


Tubuh udang terbagi menjadi dua bagian yaitu Bagian depan disebut Kepala sampai Dada (Cephalothorax) dan Bagian Belakang disebut Perut (Abdomen). Morfologi udang secara umum memiliki rostrum, mata, antena, carapace, abdomen (perut) sebanyak 6 ruas, kaki jalan (periopoda) sebanyak 5 pasang, kaki renang (Pleopoda) sebanyak 5 pasang biasanya digunakan oleh udang betina untuk menyimpan telur, telson (keseimbangan dan pergerakan), dan uropoda (alat kemudi berenang).

Dokumentasi

Semoga bermanfaat tulisan saya ini. Terima kasih

SEKIAN








0 Comments: