[ MAKANAN SULTAN ] Bulu Babi (Echinometra mathaei) Hari ini, saya diajak jalan jalan sama anak mama kenalan ke Pasar central  Wangi-wangi Wa...

Makanan Sultan

[MAKANAN SULTAN]


Bulu Babi (Echinometra mathaei)


Hari ini, saya diajak jalan jalan sama anak mama kenalan ke Pasar central  Wangi-wangi Wakatobi (Sulawesi Tenggara). Kami berkeliling pasar melihat berbagi macam jenis aneka dagangan. Kondisi pasar masih belum kondusif, berbagai hal yang menyebabkan Tata letak ruko Yang belum tersusun rapi. Kami berkeliling sampailah Di tempat penjual ikan dan jenis biota Laut lainnya. Saat Kami mau keluar, Kami di tawarkan sama Bapak yang kebetulan duduk didepan ibu IBU jualan bulu Babi. Beli itu dek, enaklah., Saya yang belum pernah makan sontak melihat ke adek yg tepat disebelah saya. Dia berkata, Mau cobakah mi ? Lalu saya jawab bisa kah Kami olah., Dia Menjawab bisa Mi, ini bisa dimakan mentah juga enak., dan percakapan berakhir setelah kami membeli bulu Babi ini. Nahh.., harga bulu Babi ini disini ditawarkan dari harga 10k-20k/kantong. Waktu saya Beli harganya 10k/kantong. 

Adek ini bilang kalau kondisi Laut kurang bagus harga ikan ikan disini draktis naik dari harga 10k/tumpukan menjadi 3 atau 4 ekor ikan harganya 20k. Saat saya makan ada rasa khawatir Nggak enak ketika bulu Babi ini masuk ke mulut. Setelah itu saya langsung tersenyum dan bilang masih bisa dimakan ya.., Nggak seperti Yang dibayangkan. Rasanya, ada rasa manis lalu asin saat lumer di mulut.

-------------------

Sedikit informasi:

Bulu babi (Echinoidea) merupakan kelompok hewan lunak bercangkang, tidak memiliki tulang belakang dan termasuk dalam filum Echinodermata. Tubuhnya berbentuk seperti bola dengan cangkang yang keras berkapur dan dipenuhi dengan duri-duri.Bulu babi diketahui mengandung gizi yang tinggi di antaranya nilai protein dengan berat basah antara 7,04-8,20% (nilai protein dengan berat kering antara 51,80-57,80), nilai lemak dengan berat basah antara 1,14-1,35% (nilai lemak dengan berat kering antara 8,53-9,36%), nilai kadar air berkisar antara 84,17%-87,82% dan nilai kadar abu antara 1,81-1,86% (Chasanah & Andamari,2011).

Daftar Pustaka:

Chasanah E, Andamari R. (2011). Komposisi Kimia, Profil Asam Aemak dan Asam Amino gonad Bulu Babi Tripneustes gratilla dan Salmanic sp dan Potensi Pengmbangannya. Di dalam prosiding seminar kelautan LIPI-UNHAS ke 1. Balitbang sumberdaya Laut, puslitbang Oseanologi-LIPI. 269-274.

#biotaindonesia #alamindonesia #sulawesitenggaracantik #wakatobi #wangiwangi #record #oppoa5s 

0 Comments: